blog

Waktu Terbaik untuk Berikan Imunisasi BCG

Sejak lahir, bayi wajib diberikan imunisasi. Bukan tanpa alasan, ini karena imunitas di dalam tubuhnya belum berkembang dengan sempurna, sehingga kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit rentan menyerang. Beberapa penyakit hingga kini belum ada obatnya sehingga imunisasi menjadi satu-satunya cara untuk mencegah penularan penyakit tersebut.

Ada berbagai jenis imunisasi yang harus diberikan pada anak sejak lahir hingga pada usia tertentu. Jika pun terlewat, imunisasi harus dilakukan meski usia telah beranjak dewasa. Pasalnya, penyakit bisa datang menyerang kapan saja, jadi melakukan pencegahan dan perlindungan tubuh dengan imunisasi tidak ada salahnya, meski usia tidak lagi belia.

Imunisasi BCG untuk Mencegah Penularan Penyakit Tuberkulosis Nah, salah satu jenis imunisasi yang wajib diberikan pada anak adalah imunisasi BCG. Pemberian imunisasi ini dilakukan untuk mencegah anak dari penularan penyakit tuberkulosis atau lebih dikenal dengan penyakit TB. Nama BCG merupakan singkatan dari Bacillus Calmette-Guerin.

Vaksin BCG dibuat dari bakteri tuberkulosis yang sudah dilemahkan terlebih dahulu dan tidak akan menyebabkan penerima vaksin terserang penyakit TB. Jenis bakteri yang digunakan adalah Mycobacterium bovine yang paling mirip dengan bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit TB pada manusia. Pemberian imunisasi BCG ini memicu sistem imunitas untuk membentuk sel yang bisa melindungi tubuh dari bahaya bakteri penyebab penyakit TB.

Melakukan vaksin BCG pada anak memang penting karena dirasa efektif untuk mencegah penyakit tuberkulosis pada sang buah hati, termasuk pada jenis yang terbilang berbahaya, yaitu meningitis yang rentan menyerang anak-anak. Tuberkulosis dikategorikan sebagai penyakit berbahaya, karena tidak hanya menjadi penyebab infeksi pada saluran napas, tetapi bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya, termasuk tulang, sendi, ginjal, dan selaput otak atau meningen.


Tags

0 Komentar

FORM KOMENTAR

Halo, Butuh Bantuan ?